INDONESIA adalah negara yang kaya, kaya dengan suber daya alam, kaya akan suku ragam adat istiadat dan kemajemukan budaya yang tak ternilai harganya. Dari zaman dahulu hingga zaman dahulu negara  siapa yang tidak tau dengan indonesa. Tapi sekarang – sekarang Indonesia tercoreng oleh perbuatan orang – orang yang tidak mempunyai hati nurani seperti Korupsi, tauran, pembunuhan, dan banyak lagi hal atau tindakan orang – oranng yang ada di Indonesia yang merusah harkat dan martabat bangsa. Itu adalah penjelasan sedikit tentang Indonesia yang mempunyai banyak masalah sekarang ini.


          Masalah yang timbul sekarang – sekarang ini banyak dikarenakan pada sitem pendidikan yang kurang efektif atau bahkan salah. Sebagai penjelasan bagaimana sistem pendidikan yang salah adalah salah satunya kalau sitem pendidikan saat ini yang hanya berorientasi atau di ukur dengan nila akhir. Nilai dari 1 – 10 atau 10 – 100.  Ini yang membuat siswa yang hanya mengejar nilai sebesar apapun dengan cara apapun. Siswa yang tidak bisa mencapai nilai diata rata – rata maka mereka dianggap gagal.  Apa yang terjadi adalah bahwa kebanyakan mahasiswa telah menanam kan pada diri mereka untuk mendapatkan nilai sebesarnya karena bagi mereka mendapatkan nilai 90 atau 100 merupakan kebanggaan tersendiri dan merupakan keharusan untuk lulus dalam menjalankan pendidikan yang ada di Indonesia, walaupun cara – cara mereka lakukan dengan mencotek, mengepek, bertanya pada taman. Sebagai bukti nyatanya adalah pada saat ujian nasional, masih banyak dilakukan oleh siswa, bahkan ada juga guru yang ikut – ikutan salah dalam membantu siswa memberukan contekan. Saya  berpikir bahwa mungkin pada dasarnya banyaknya korupsi di Indonesia karena dahulu mereka menempuh pendidikan yang hanya terfokus pada nilai akhir saja dan nilai tersebut digunakan mereka untuk bekerja dan mencari uang.  Sehingga saat mereka bekerja mereka tidak memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya.  Bila di umpamakan adalah ketika ketika bibit tumbuhan ditanamkan di lumpur maka mereka akan tumbuh subur tetapi tidak akan menghasilkan apa –apa tetapi ketika suatu bibit ditanamkan di tanah yang gersang dan mereka tumbuh maka tumbuhan tersebut akan kokoh dan bermanfaat bagi yang ada di sekelilingnya.


 “ korupsi itu seperti ilalang ketika ditebas batangnya maka ilalang tersebut tidaklah mati karena mereka akan tumbuh lagi dari akarnya “ - admin


dibuat oleh : admin