99%  INDONESIA,  1% ???

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam adat istiadat, keperibadian,dan juga terdiri dari berbagai macam masalah yang corat marut. Apakah benar semuanya itu karena negara indonesia yang terlalu besar ?, ataukah karena pemikiran manusianya yang terlalu kecil ?
Dari zaman dulu hingga zaman sekarang telah banyak perubahan dari sisi positif maupun negatif.  Dari masa kerajaan sampai masa pemerintahan presiden. Apa yang menjadi permasalahan indonesia sekarang – sekarang ini telah terlalu mencolok, walaupun disana sini ditutup – tutupi. Permasalahan yang sebenarnya sudah lama menjadi perbincangan  adalah masalah korupsi, kolusi dan nepotisme. Atau disingkan dengan KKN. KKN bukan bukan hanya milik pejabat pejabat tinggi saja tetapi sekarang ini menjadi makanan kalangan menengah kebawah, sungguh memperhatinkan.
Bagaimana Indonesia yang tercinta ini mau maju, karena sifat KKN telah mewabah di seluruh kepulauan Indonesia. Ibaratkan VIRUS FLU BURUNG yang penyebaranya sangat gcepat dan sulit untuk diobati. Contoh saja saat seseorang ingin memasukan anaknya kedalam lembaga pendidikan, ada saja alasan dari uang pembangunan, uang administrasi, uang baju seragam, dan uang lainya yang diminta oleh pihak lembaga tersebut, ini bila dilihat dari sudut pandang lembaga pedidikanya. Bila dilihat dari sudut pandang masyarakat yang melakukanya adalah dengan cara memberi  dana tambahan yang diberikan kepada pihak x yang digunakan agar anaknya tetap bisa masuk di lembaga pendidikan yang difaforitkan, walaupun otak anaknya hanya sebatas bolam lampu.
Sehingga apa yang terjadi bila itu terus terjadi, bukan hanya akan muncul orang – orang bodoh,  tetapi akan muncul juga koruptor – koruptor yang berdasi baru yang akan semakin membuat Indonesia mejadi negara terkorup di dunia.


Dari :    Oreang dulue
Pangkalpinang, 3 November 2011