Beberapa pekan ini TI Apung Pantai Batu Atap dan Pantai Bubus Kelurahan Bukit Ketok Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka mulai beroperasi kembali. Pantauan salah satu surat kabar lokal beberapa waktu yang lalu, di dua pantai yaitu Pantai Batu Atap dan Pantai Bubus. Para pelaku penambang masih terlihat beraktivitas yang sama di kedua pantai tersebut. Masing - masing penambang ada yang telah beroperasi di laut. Pontoon - pontoon TI Apung telah berjejeran di laut.

              Sama halnya di kedua pantai untuk bersiap - siap akan beroperasi. Menurut penambang menjelaskan ponton yang telah beroperasi telah didaftar di panitia masing - masing di kedua pantai diperkirakan telah berjumlah lebih dari 100 ponton dan bulan - bulan dengan sekitar bulan April nanti diperkirakan bisa mencapai 400 san ponton di kedua pantai Batu Atap dan Pantai Bubus.

         Menurut pantauan Media ini, di kedua pantai sangat meyakinkan dikarenakan persiapan - persiapan para penambang seperti pembuatan bangunan - bangunan kamp - kamp tenda tempat pemukiman para penambang terlihat menjamur menghiasi bibir pantai.( Pangkalpinang pos edisi 187, hal 17)

      Jika kita membaca ada dua masalah yang akan timbul ketika para penambang tersebut memulai penambangan nya di pantai . masalah tersebut seperti dua mata uang logam yang saling berlawanan. masalah pertama adalah ketika mereka melakukan penambangan di bibir pantai maka yang akan terjadi adalah ekosistem yang ada di sekitarnya akan terganggu. Seperti rusaknya air laut karena tercemar, ikan - ikan akan menjauh, dan masalah lainnya yang timbul dikarenakan penambangan tersebut. tetapi ketika para penambang tersebut di tutup atau di tertibkan maka masalah yang timbul adalah mata pencarian penambang tersebut akan hilang. karena sebagian dari mereka mata pencaharian adalah penambang timah. dengan hasil yang didapat dari menambang tersebut digunakan untuk menghidupkan keluarganya. di sinilah peran Pemerintah Daerah untuk mencari solusi yang tepat,  yaitu solusi yang tidak merugikan alam dan juga tidak merugikan para penambang tersebut.

           Jika pembaca mempunyai solusi yang menurut teman, sobat, dapat mengatasi masalah penambangan TI terapung, bisa menuangkan idenya dengan megomentari berita atau topik ini. terima kasih